Kamis, 07 Februari 2013

Tips Merawat Ikan Mas Koki

 
 
Ikan mas koki sudah merupakan jenis ikan yang sangat umum dipelihara orang. Hal ini disebabkan karena biaya perawatannya tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan perhatian khusus serta umur ikan yang tidak panjang. Namun, jika anda merawatnya dengan baik, ikan ini sebenarnya memiliki umur yang cukup panjang, bisa sampai sepuluh tahunan. Kembali lagi dengan cara anda merawat dan menyayangi nya. Berikut adalah beberapa masukan untuk anda yang suka memelihara ikan mas.

Wadah.
Beberapa dari anda, pasti ada yang memelihara satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah kendi kaca. Memang dengan meletakkan ikan didalam wadah kendi kaca ini memberikan kesan artistik. Namun sebenarnya, wadah ini sangat kecil bahkan untuk menampung satu ekor ikan mas. Hal ini membuat ikan mas anda susah mendapatkan oksigen yang cukup dari permukaan air. Oleh karena itu, gunakan wadah aquarium yang cukup untuk memelihara ikan mas anda. Selain aquarium tersebut dapat mendukung kehidupan ikan mas anda, permukaan aquarium yang lebar membuat ikan mas anda dapat memperoleh oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatannya. Ini dikarenakan oksigen yang masuk dari ujung kendi yang meruncing tidak sama dengan aquarium yang mempunyai area yang lebih luas. Memelihara ikan mas di dalam wadah kendi kaca, hanya akan menyusahkan anda sendiri karena anda harus membersihkannya setiap hari untuk mengganti siklus air yang sudah kotor.
Ukuran.
Ikan mas pada awalnya memang berukuran kecil. Namun, jika anda bisa merawatnya dengan baik, ukuran ikan mas bisa sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari ini sehingga mengharuskan mereka membeli wadah yang baru untuk ikan mas mereka yang sudah besar. Akan lebih baik jika dari awal anda sudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas anda bisa tumbuh besar, ikan mas anda akan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.
Penutup aquarium.
Ikan mas memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Sebaiknya anda memberikan triplek/ kayu untuk menutup aquarium anda. Tutup itu juga berguna nantinya bagi anda jika anda ingin menambahkan lampu aquarium.
Lampu.
Gunakan lampu pijar yang redup untuk aquarium anda selama kurang lebih 10 jam dalam sehari. Selain karena lampu ini tidak memakan banyak watt listrik, lampu ini menghantarkan panas yang cukup baik dibanding lampu pijar biasa yang berwarna putih yang cenderung menghantarkan panas berlebihan.
Dasar kerikil pada aquarium.
Meletakkan kerikil sebagai penghias dasar aquarium anda. Ada beberapa alasan mengapa kerikil tersebut lebih baik dibanding yang lainnya. Pertama, karena kerikil tersebut tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada air aquarium anda. Berbeda dengan terumbu karang yang membawa pengaruh terhadap keasaman air. Kedua, karena kerikil ini membentuk permukaan yang bagus untuk tumbuhnya bakteri baik di dalam aquarium anda. Selain untuk mendukung kehidupan ikan mas di dalamnya, bakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi partikel berbahaya yang ada di dalam aquarium.
Air.
Anda juga harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di aquarium anda secara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini dapat anda beli di toko perlengkapan aquarium di kota anda. Sifat air yang biasanya bertambah asam, dapat merusak kesehatan ikan mas anda. Jika hal ini terjadi, anda dapat membeli obat penetralisir keasaman di toko perlengkapan aquarium tersebut.
Menukar air aquarium.
Umumnya aquarium dilengkapi dengan filter yang berguna untuk menjaga kebersihan aquarium anda. Namun, hal ini bukan berarti anda membiarkan air di aquarium tidak diganti sampai berbulan bulan. Yang benar adalah anda tetap harus secara rutin mengganti air pada aquarium anda sekali atau dua kali dalam seminggu.
Penyaring.
Ikan mas selalu membuang banyak kotoran. Kotoran ini, jika dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun untuk ikan mas anda. Untuk itu, anda harus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang bagus. Penyaring yang ada pada filter anda harus diganti secara teratur apabila sudah kotor. Filter ini pun harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam sebulan agar bersih dari bakteri jahat yang menempel disana. Jangan lupa untuk mengukur kadar amonia dan nitrit pada air aquarium anda.
Sebagai tambahan, filter ini diciptakan dengan berbagai kapasitas. Anda harus menyesuaikan jenis filter yang anda gunakan dengan jumlah ikan yang anda pelihara. Semakin banyak ikan yang anda pelihara di dalam aquarium anda, maka harus semakin tinggi juga kapasitas filter yang anda gunakan.
Makanan ikan.
Pada dasarnya, makanan yang dimakan ikan mas adalah pellet yang memiliki komposisi daging dan tumbuhan. Berikanlah sedikit pellet untuk ikan mas anda beberapa kali dalam satu hari. Jika pellet yang anda berikan tidak habis dalam jangka 5 menit, ini berarti anda memberi terlalu banyak.
Jangan memberi makan ikan mas anda secara berlebihan. Pellet yang tidak habis dimakan akan terbenam ke dasar aquarium dan menjadi sumber penyakit bagi ikan mas anda.
Sebagai tambahan, rendamlah pellet yang akan anda berikan kepada ikan mas dengan sedikit air terlebih dahulu agar pellet tersebut lebih lunak dan mudah untuk dicerna ikan mas anda.
Dekorasi.
Sama hal nya dengan ikan lainnya. Ikan mas juga senang memiliki tempat untuk bersembunyi. Anda dapat membeli aksesoris aquarium untuk mewujudkan itu. Ada banyak jenis aksesoris yang dijual di toko perlengkapan aquarium. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera anda. Hindari aksesoris yang memiliki permukaan yang tajam, selain bisa membuat anda terluka, aksesoris seperti itu juga bisa melukai ikan mas yang anda pelihara.
Tumbuhan air.
Tumbuhan air selain mempercantik aquarium anda, juga berguna untuk menekan kadar amonia dalam air aquarium anda. Tumbuhan air yang tumbuh sehat di dalam aquarium anda akan memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan mas. Namun sebaliknya, jika tumbuhan air tersebut tidak tumbuh baik dan akan mati, sebaiknya anda segera membuangnya karena tumbuhan yang mati tersebut akan menghasilkan racun. 
Jika anda akan menambahkan tumbuhan air pada aquarium anda. Perhatikanlah perkembangan tumbuhan air tersebut, apakah mereka berkembang baik bersama dengan ikan mas didalamnya? Jika tidak, segeralah buang tumbuhan tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa ikan mas ini rakus dan memakan tumbuhan hidup di dalam aquarium. Hal ini akan anda sadari disaat tumbuhan yang anda letakkan di dalam aquarium sudah hilang dimakan ikan mas.
Dapatkah ikan mas hidup dengan ikan lainnya?
Secara umum, ikan ini dapat hidup berkelompok bersama dengan ikan mas lainnya. Jika anda ingin menambahkan ikan di aquarium anda, sebaiknya anda menambahkan jenis ikan yang sama. Hal ini dikarenakan ikan air tawar tertentu membutuhkan suhu air dan tingkat keasaman air yang berbeda dengan ikan mas anda.
 
Sumber:  http://cityblogger1.blogspot.com/2012/10/tips-merawat-ikan-mas-koki.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar